Sesuai dengan semboyan JARI Indonesia bahwa “kita berhak tahu”¬† maka kerja-kerja¬† JARI Indonesia Kalimantan Tengah sejauh ini tidak lepas dari upaya mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam proses pembangunan dan juga mendorong adanya partisipasi masyarakat untuk juga aktif memantau, mengawasi dan mengontrol proses-proses pembangunan melalu pendampingan dan pelatihan.

target sasaran kita selain membangun kerjasama dengan Pemerintah juga melakukan pendampingan-pendampingan di masyarakat dengan pelatihan dan advokasi dalam rangka memberikan pemahaman dan pelatihan-pelatihan bagi peningkatan kapasitas komonitas di proses pembangunan. salah satu yang menjadi cara JARI untuk mendorong terciptanya masyarakat yang aware pada proses pembangunan baik secara aktiv menjadi bagian yang terlibat dalam proses perencanaan pembangunan dan pelaksanaanya juga secara aktiv terlibat dalam pengawasanya.

CBDW atau yang disingkat dengan Community Base Development Watch adalah pendekatan yang diaplikasikan dengan berbagai kegiatan bersama masyarakat, baik melalui upaya pengembangan ekonomi alternative melalui pembentukan kelompok petani karet dan nelayan di beberapa lokasi program, juga membangun Community Center yang aktive melakukan kegiatan pelatihan pengajuan informasi sesuai dengan UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik juga pendampingan badan publik dengan melakukan assistensi PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi.